Terwujudnya Lembaga Pendidikan Islam Yang berkualitas dan berperan mencetak
kader muslim kaaffah, berwawasan global, mandiri, serta unggul dibidang ilmu
syar’i, dan bahasa arab
a. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran ISLAM berdasarkan Alquran dan Assunnah dengan pemahaman ahlus sunnah wal jamaah
b. Terakreditasi A oleh BAN-SM
c. Menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001-2015
d. Mewujudkan lulusan yang menguasai bidang ilmu syar’i sesuai manhaj ahlus sunnah wal jama’ahe.
e. Mewujudkan lulusan yang mampu berbahasa arab secara aktif baik lisan maupun tulisan
f. Mengembangkan minat dan bakat siswa di berbagai bidang
g. Menyelenggarakan sistem pendidikan dan pengajaran berbasis IT
h. Mewujudkan lulusan dengan nilai yang tinggi pada ujian bersetandar nasional
i. Mewujudkan lulusan yang berakhlaqul karimah
j. Menyiapkan siswa untuk melanjutkan ke MA
a. Terakreditasi “A” oleh BAN-SM
b. Terciptanya sistem pendidikan yang berstandar nasional
c. Terjaminnya sistem manajemen mutu bertaraf internasional
d. Terwujudnya generasi rabbani yang berilmu, beraqidah, beramal, berdakwah di atas manhaj ahlis sunnah wal jama’ah
e. Melahirkan generasi Qur’ani
f. Melahirkan para da’i dan mu’allimin berbekal ilmu yang bersumber dari Al Qur’an dan As Sunnah
g. Mewujudkan pemahaman Islam berdasarkan sumbernya
h. Menyalurkan minat dan bakat yang berdaya guna bagi pribadi, agama, bangsa dan negara
i. Memberikan pelayanan prima dan memudahkan seluruh stakeholder melalui teknologi informasi
j. Melahirkan santri yang berdaya saing tinggi di bidang akademik secara nasional dan internasional
k. Melahirkan generasi yang berakhlakul karimah, mandiri, peduli, berjiwa pemimpin, bergaya hidup Islami, kreatif dan inovatif
l. Memberikan rasa nyaman, aman dan mudah dalam penyelenggaraan Pendidikan
m.Terbentuknya budaya Salam, Senyum, Sapa , Salim, dan Santun (5S) dalam pergaulan sehari – hari
a. Beban belajar dalam satu pekan adalah 46 Jam Pelajaran. Durasi setiap satu jam pembelajaran adalah 40 menit.
b. Beban belajar dalam satu semester paling sedikit 16 pekan dan paling banyak 18 pekan.
c. Beban belajar dalam satu tahun pelajaran paling sedikit 32 pekan dan paling banyak 36 pekan.
a. Memiliki aqidah yang shahih (Tauhid Rububiyah & Uluhiyah)
b. Memiliki hafalan mutun (Usul Tsalasah, Qowaidul Arba, Nawaqidul Islam, Kitab Tauhid).
c. Memahami Fiqh ibadah & Muamalah.
d. Mampu melaksanakan ibadah dan mu`amalah dengan benar. (Kitab thoharoh, Kitab Sholah, Kitab Shiyam, Kitab Zakat, Kitab Haji dan Kitabul Buyu`).
e. Mampu membaca Al-Qur`an sesuai dengan makhraj huruf dan kaidah tajwid.
f. Memahami tafsir Al-Qur`an. (Juz 28, 29, 30)
g. Memiliki hafalan 100 hadits pilihan.
h. Memiliki hafalan Al Qur`an dengan target minimal 5 (lima) (Yaitu juz 26, 27, 28, 29, 30, dan surah pilihan. Bagi yang sudah hafal diperbolehkan melanjutkan hafalan selain juz tersebut).
i. Mengamalkan akhlakul karimah yang sesuai dengan usianya. (Adab menuntut ilmu, adab penghafal Al Qur`an, amanah dan tanggung jawab, iffah dan muruah, serta akhlakul karimah lainnya sesuai usia murid)
j. Mampu berkomunikasi dan mengikuti pelajaran berbahasa Arab/Inggris dengan baik.
k. Mengetahui siroh nabawiyah dan mampu mengambil `ibroh dari kehidupan Nabi Muhammad Shallallahu `alaihi Wasallam.
l. Mampu mengoperasikan teknologi informasi untuk presentasi (excel, power point, corel draw, in design).
m. Memiliki kompetensi ilmu pengetahuan umum untuk Madrasah Tsanawiyah.
n. Lulus Ujian Nasional SMP/MTs.
a. Memiliki Ijazah MTs (kementrian agama republik Indonesia)
b. Mampu membaca Al-Qur’an dengan lancar
c. Memiliki hafalan matan Ushul Tsalasah, Qowaidul `Arba, Nawaqidul Islam, dan Kitab Tauhid
d. Mampu berkomunikasi dengan berbahasa arab dasar
e. Mampu mengoperasikan komputer (MS Office dasar)
f. Hafal al qur’an 5 Juz dengan tahsin yang baik
g. Mengetahui dasar pokok agama Islam
h. Terbiasa menjalankan ibadah wajib maupun sunnah sesuai syariat
i. Mampu menerapkan adab-adab islam dalam kehidupan sehari-hari sesuai kurikulum
j. Mampu melanjutkan study ke sekolah menengah atas dan kejuruan unggulan
k. Lulus ujian atau assesment yang dilaksanakan oleh pemerintah.