Bagian Mental Putra
Selayang Pandang

Alhamdulillah puji dan syukur hanya milik Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang telah menurunkan risalah Islam kepada rasulnya untuk di menangkan atas agamanya. selawat salam kepada teladan umat manusia pimpinan orang-orang bertaqwa yang memiliki akhlakul karimah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Mentalitas merupakan kondisi stabilitas jiwa yang melekat dalam diri dan menjadi dasar bagi perbuatan manusia. Bimbingan mental sangat dibutuhkan dalam rangka membangun adab atau akhlak yang baik. Wajib hukumnya untuk membimbing anak-anak dengan bimbingan mental agar menjadi anak-anak yang berakhlak karimah. Bagian BINTAL atau bina mental ponpes Minhajul Haq memiliki program suatu usaha sadar yang dilakukan untuk memelihara, melatih, membimbing, dan mengarahkan  batin dan watak atau mental santri yang lebih baik agar menjadi manusia seutuhnya. Artinya supaya santri mempunyai kekuatan baik fisik maupun psikis dan mampu mengadakan perubahan-perubahan dalam tingkah laku dan sikap di masa yang akan datang di dalam lingkungannya. Di Samping itu, pendidikan adalah suatu hak yang benar-benar ditanamkan selain menempa fisik, mental dan moral bagi individu-individu, agar menjadi manusia yang berbudaya.

Tujuan dan Jenis Kegiatan
Jalsah Tarbawiyah

Kegiatan ini akan di bimbing langsung oleh ustadz kamarnya masing-masing yang temanya telah di tetapkan oleh kabag mental. Adapun tatbiqnya yaitu dengan mengelompokkan santri berdasarkan kamarnya masing-masing, perkelompoknya berjumlah 13 orang atau sesuai jumlah anggota kamar. Tujuannya adalah melatih santri agar mempunyai integritas kepribadian dan akhlak sesuai ajaran Islam. Maka tujuan initi dari kegiatan ini adalah menangani santri yang memiliki hambatan psikologi, belajar, bersosialisasi dan bergaul serta beradaptasi dengan lingkungan.

Konseling rutin dan berkala untuk santri bermasalah

Kegiatan ini adalah hasil dari Pendataan mingguan masalah pribadi santri dari setiap musyrif, para musyrif mengumpulkan masalah yang berkaitan dengan mental santri seperti : Tidak betah di pesantren, Berkelahi, tekanan, Buliying, Berkata kasar, Adab yang tercela dll. Adapun prakteknya dilapang yaitu dengan Membuat form bimbingan konseling, Menyediakan tempat khusus konseling yang nyaman dan efektif, berbicara santai dan berdiskusi ringan agar santri tidak canggung, Konselor membuat pendataan untuk hasil konseling santri, tim konselor membuat pemetaan masalah-masalah santri lalu kemudian akan diadakan training disemester genap oleh trainer.

Pembagian lembaran tips dan trik “CARA MENGATASI MASALAH SANTRI”

Pembagian lembaran tips dan trik ini di bagikan kesetiap musyrif lalu di terapkan pada saat mendapatkan masalah dilapangan, Kegiatan ini bertujuan agar memudahkan para musyrif untuk bisa membimbing santri yang mempunyai masalah secara terkontrol dan terarah, dan tujuan inti dari kegiatan ini adalah agar  santri memiliki pemahaman diri yang baik serta memiliki pemahaman tentang dinamika kehidupan dan mampu merespon setiap kejadian dengan positif, mencari dan memilih solusi masalah yang terbaik akan masalah yang dialaminya. Dan begitu maka berkurangnyalah santri yang bermasalah di pesantren Minhajul Haq.

Pembagian lembaran Adab

Pembagian lembaran Adab ini bertujuan agar santri selalu menjaga adab mereka sehari-hari, contohnya adab kepada : Allah SWT, Rosulullah SAW, Al-Qur’an, kepada Guru, ustadz, karyawan, Teman yang lebih muda, sebaya dan yang lebih tua. Adapun cara pembagiannya adalah melalui   setiap musyrif kamar masing-masing lalu di sampaikan kepada santri dan di tempel di setiap kamar selama 1 pekan, dan setelah sepekan lalu di ganti lagi dengan judul adab yang baru dan begitu seterusnya.

Jadwal Kegiatan


Struktur Bimbingan Mental

Penanggung Jawab/Ketua Bagian mental ( KABAG Mental) : Ustadz Muhammad Arifin Hanif, S.pd. Ketua seksi (KASIE Mental) : Ustadz Abdurrahman, S.pd.

avatar
Admin Pesantren Selamat Datang Di Pondok Pesantren
Admin Pesantren Assalamualaikum.
:
Chat WhatsApp